Tuesday, March 18, 2014

10 Tips Cara Merawat Jilbab Pashmina Sifon

 Tips Merawat Jilbab Pashmina
Sifon, salah satu jenis kain yang sekarang sedang banyak digandrungi terutama oleh kaum wanita. Karena bahannya yg ringan, flowing dan gampang dibentuk pashmina sifon jadi salah satu fashion item yang wajib untuk dimiliki oleh ukhti-ukhti para hijabers agar penampilan selalu terlihat modis tapi tetap syar'i.

Di waktu dulu pashmina hanya digunakan sebagai tambahan atau pelengkap saja. Namun sekarang justru menjadi komponen utama dalam berjilbab. Pashmina kini semakin banyak diminati sebagai paduan hijab agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Kerudung Pashmina berbentuk sebuah kain panjang dan biasa terbuat sari bahan wool atau silk. Karena bahannya yang cukup lembut dan halus, maka perawatan Bahan pashmina juga tidak boleh sembarangan. Apalagi jika Anda memiliki pashmina asli yang terbuat dari bulu kambing pashmina dari Khasmir, tentu harganya cukup mahal dan sayang sekali jika cepat rusak.


Berikut ini ada beberapa tips merawat pashmina agar lebih awet yang bisa dipraktekkan untuk menjaga pashmina yang Anda miliki agar tidak cepat rusak.

Tips merawat pashmina agar lebih awet dan tahan lama:

1. Jangan menggantung pashmina.
Hindari menyimpan pashmina dengan cara digantung, karena cara ini akan membuat benang-benangnya lebih cepat ”melar”. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya dengan cara ditumpuk dalam sebuah lemari atau kotak khusus untuk koleksi jilbab.

2. Cuci dengan tangan.
Hindari mencuci pashmina dengan mesin cuci. Selain itu gunakan detergen yang lembut dan menguceknya secara perlahan agar tidak merusak serat-serat kain yang cukup lembut.

3. Hindari perasan yang kuat.
Saat memeras pashmina jangan terlalu kuat karena serat kainnya akan mudah rusak dan terpilin. Anda bisa mengibaskannya untuk mengurangi air yang terserap di dalam pashmina.

4. Hindari sinar matahari langsung.
Saat menjemur pashmina hindarkan dari sinar matahari langsung. Hal ini dilakukan untuk menjaga warna pashmina agar tidak cepat pudar dan serat kainnya tidak cepat rapuh karena terkena panas.

5. Hati-hati saat menyetrika
Sesuaikan tingkat panas setrika dengan bahan pashmina, atau Anda bisa memakai level yang paling rendah untuk mengurangi paparan panas pada pashmina agar tidak merusak bahan.

6. Gunakan kamper
Saat menyimpan pashmina baik di dalam lemari maupun kotak khusus, taruhlah beberapa kamper yang beraroma lembut. Hal ini penting dilakukan agar tidak ada ngengat, jamur, atau binatang kecil lain yang masuk ke dalam kotak penyimpanan.

7. Bersihkan tempat penyimpanan
Jika Anda menyimpan pashmina dalam sebuah kotak khusus maka bersihkanlah tempat tersebut secara rutin sekitar 3-4 bulan sekali. Hal ini untuk mencegah kondisi yang terlalu lembab dan menyebabkan tumbuhnya jamur. Dalam proses ini jangan lupa juga untuk mengangin-anginkan pashmina dalam kondisi terbuka dan tidak terlipat.
8. Bila terkena noda minyak.
Jika terkena noda janganlah terburu2 mengelap noda tersebut dengan tisu ataupun kain,Setiap noda memiliki penanganan yang berbeda.Noda, merupakan salah satu yang sulit untuk dapat dihindari, karena tak jarang tanpa sengaja anda terkena noda meskipun sudah berhati-hati, namun tak perlu khawatir jika sifon anda terkena noda minyak, anda cukup mengambil bedak dan menaburkan ke area sifon yang terkena noda. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah noda menjadi membekas. Setelah itu anda bisa mencucinya seperti biasa.

9. Jika terkena permen karet.
Bagi anda yang suka mengunyah permen karet dan mungkin sifon anda terkena permen karet, tak perlu khawatir. Ada cara mudah untuk menghilangkan noda permen karet tersebut. Cukup ambil es batu, dan tempelkan di noda permen karet yang melekat di sifon. Gosok-gosok dengan es batu secara menyeluruh di bagian tersebut. Diamkan beberapa saat hingga permen karet menjadi mengeras. Nah, setelah permen mengeras saat itulah anda dapat mengangkatnya dari sifon anda.

10. Jika nodanya sulit dihilangkan seperti darah atau keringat, gunakan deterjen cair khusus untuk kerudung berbahan sifon Anda. Rendam dalam air suhu normal kurang lebih 30 menit kemudian bilas.

Sekian update informasi kali ini seputar 10 Tips dan Trik Cara Merawat Kerudung Pashmina Sifon Supaya Awet. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Salam.

No comments:

Post a Comment